Aktivitas Bisnis Perusahaan

1.Aktivitas investasi

    Merupakan aktivitas perusahaan untuk berinvestasi (membeli,menyewa, atau membangun sendiri) di dalam aset/kekayaan untuk menghasilkan pendapatan dalam memaksimalkan kemakmuran pemilik perusahaan (pemegang saham). Aset-aset yg dimiliki oleh perusahaan dari hasil investasi tercermin pada sisi kiri neraca.

2. Aktivitas pembiyayaan
    Artinya investasi tersebut dapat du biyayai dari berbagai sumber pendanaan sehingga perusahaan juga harus melakukan aktivitas pembiyayaan, yakni aktivitas perusahan untuk mencari sumber-sumer pendanaan yg akan digunakan dalam membiyayai aktivitas investasi perusahaan.

3. Aktivitas Operasi
     setelah perusahaan melakukan aktivitas investasi yg dibiyayai melalui aktivitas pembiyayaan,perusahaan harus melakukan aktivitas oprasi dengan menggunakan (memanfaatkan) Aset/aktiva yg dimilikinya dalam menghasilkan pendapatan (profit) sehingga dapat memberikan pengembalian (return) kepada para pemberi dana (kreditor/investor).Aktivitas oprasi perusahaan secara umum akan menghasilkan pendapatan dan beban, yg pada akhirnya menyebabkan untung atau rugi. apabila perusahaan untung maka baik aktiva (sisi kiri = investasi) maupun sisi pembiyayaan (modal) akan naik. sebaliknya apabila perusahaan rugi dalam aktivitas oprasinya maka baik investasi maupun sisi pembiyayaan akan turun.
  
  terlihat bahwa aktivitas investasi dan pembiyayaan langsung tercermin dalam neraca perusahaan, sedangkan aktivitas oprasi tercermin secara tidak langsung ke neraca, tetapi melalui laporan laba rugi dan laporan ekuitas (laporan perubahan modal. secara umum hibungan dari ketiga aktivitas bisnis perusahaan tersebut diatas dapat di jelakan dalam formula berikut:

Aktivitas investasi + Aktivitas operasi =Aktivitas pembiyayaan + Aktivitas operasi

0 komentar:

Posting Komentar