definisi perencanaan


A. pengertian perencanaan
   
    perencanaan dapat diartikan sebagai suatu proses untuk menentukan tujuan serta sasaran yang ingin dicapai dengan mengambil langkah-langkah strategis guna mencapai tujuan tersebut.
perencanaan adalah proses penentuan tujuan dan prosedur yg berarti menentukan apa, bagaimana , kapan , dimana dan siapa. perencanaan merupakan suatu fungsi yg mencakup proses menentukan tujuan , kebijakan , produk , jasa , alat-alat , pengeluaran, jadwal , lokasi , personalia, hubungan organisasi , dan berbagai hal lain yg berkaitan.

Hasil suatu proses perencanaan yg baik harus memiliki sejumlah kemampuan organisasi yg berasal dari kekuatan sendiri seperti:

1. kemampuan memprediksi.
     kegiatan perencanaan selalu berkaitan dengan masa yg akan datang, oleh sebab itu kemampuan memprediksi sangat pentung.
2.  kemampuan menghitung biyaya.
      penyusunan perencanaan biasanya sampai dengan penyusunan anggaran, oleh sebab itu perencana yg profesional harus memiliki kemampuan di bidang penyusunan anggaran.
3.  kemampuan komunikasi
     perencanaan umumnya berkaitan dengan kegiatan untuk memadukan berbagau kepentingan yg berbeda-beda. perencanaan harus mampu menjebatani perbedaan-perbedaan tersebut, sehingga dapat menghasilkan suatu perencanaan yg terpadu.
4.  kemampuan menguasai teknik-teknik manajemen.
   seiring dengan perkembangan IPTEK , teknik-teknik manajemen juga berkembang pesat. perencanaan pada umumnya berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya yg sebaik-baiknya,atau pelaksanaan kegiatan dengan menggunakan sumber daya yg sehemat-hematnya.
5. kemampuan pengukuran kinerja.
     pengukuran kinerja dilakukan untuk mengetahui hasil/pencapaian kinerja pada periode waktu tertentu. evaluasi dari hasil pengukuran kinerja diperlukan oleh pengambil keputusan dalam menetapkan kebijaksanaan lebih lanjut.

salah satu aspek penting perencanaan adalah pembuatan keputusan (decision making) proses pengembangan dan penyeleksian sekumpulan kegiatan untuk memecahkan suatu masalah tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar