Jenis-jenis manajer

a. manajer lini - pertama .tingkatan paling rendah dalam suatu organisasi yang memimpin dan mengawasi    tenaga-tenaga oprasional, disebut manajemen lini/garis- pertama (first-line) atau first- level). para manajer ini sering disebut manajer kantor, penyelia jasa, manajer departemen. sebagai contoh adalah departemen riset.

b. manajer menengah. manajemen menengah dapat meliputi beberapa tingkatan dalam suatu organisasi. para manajer menengah membawahi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan para manajer lainnya kadang-kadang juga karyawan oprasional. sebutan lain bagi seorang manajer menengah adalah general manager, manajer pabrik, mandor wilayah, divisi manajer, sebagai contoh adalah manajer wilayah yg membawahi beberapa kepala divisi wilayah.

c. manajer puncak. klasifikasi manajer tertinggi ini terdiri dari sekelompok kecil eksekutif. manajemen puncak bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen organisasi dan bertanggung jawab menciftakan kondisi penting untuk melakukan perubahan. sebutan khas bagi manajer puncak adalah pimpinan eksekutf (CEO) atau pimpinan oprasi (COO), wakil presiden

0 komentar:

Posting Komentar