Pengertian manajemen dan jenis-jenis manajer

NAMA: YANTI KOSASIH
NIM: 017513967
MANAGEMEN 2013  
Pengertian manajemen.

definisi manajemen

Manajemen dapat di definisikan sebagai suatu kegiatan mengawasi/mengatur orang bekerja dan mengurus/mengatur admininstrasi keuangan dengan baik.

Manajemen berasal dari bahasa prancis lama yaitu management, yang berarti seni melaksanakan dan mengatur yaitu sebuah proses kepemimpinan dan pengaturan seluruh atau sebagian dari suatu organisasi,atau bisnis, melalui pemanfaatan atau pengaturan sumber daya (sumber daya material, kepandaian dan lain-lain).

williams (2001) pengertian manajemen adalah menjalankan fungsi merencanakan, mengkoordinasikan, memimpin, dan mengendalikan (planning, organizing, leading, and controlling)
merencanakan (planning)            : adalah menentukan sasaran organisasi dan sarana untuk mencapainya.
mengorganisasikan (organizing) : adalah menetapkan  di mana keputusan akan dibuat, siapa yang akan
                                                         melaksanakan tugas  dan pekerjaan, dan siapa bekerja, dalam
                                                         perusahaan.
memimpin  (leading)                     : adalah memberi insfirasi dan motivasi karyawan untuk bekerja keras
                                                         dalam mencapai sasaran organisasi.
mengendalikan (controlling)        : adalah mengawasi kemajuan pencapaian sasaran dan mengambil
                                                         tindakan koreksi bilamana kemajuan tidak tercapai.

Menurut Follet dalam Stoner (1996) mendefinisikan manajemen sebagai "seni untuk melaksanakn suatu pekerjaan melalui orang lain" definisi ini mengandung arti bahwa para manajer mencapai tujuan organisasi melalui peraturan orang-orang lain untuk melaksanakan  berbagai tugas yg mungkin diperlukan atau dengan kata lain para manajer tidak melakukan tugas2 nya sendiri.

Stoner (1995) memberikan definisi manajemen sebagai suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya - sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yg telah di tetapkan. manajemen adalah suatu proses bukan seni. proses adalah cara sistematis untuk melakukan pekerjaan.

Siagian (1992) mengemukakan bahwa manajemen adalah "kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh sesuatu dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan orang lain."

secara umum manajemen dapat di artikan sebagai seni dan ilmu yg mempelajari bagaimana mengelola manusia dan material untuk mencapai tujuan.

2. Organisasi 
 organisasi adalah sekumpulan orang yg bersepakat secara sadar untuk bergabung dalam suatu kelompok dengan sejumlah ikatan tertentu, yg menetapkan tujuan-tujuan tertentu dan berupaya mencapai tujuan tersebut.

ciri pokok Organisasi 
a. terdiri dari sekumpulan orang
b. dengan kesadaran dalam arti sengaja dan mengerti benar seseorang berada di situ
c. setuju di ikat dengan berbagai peraturan organisasi dan pemerintah
d. sepakat berkelompok untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu
e. memiliki aturan tertentu yg harus dispakati dan di taati bersama untuk mencapai tujuan
f. melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

3. Mengapa perlu teori dan teknik manajemen
tiga alasan perlunya manusia menggunakan teori dan teknik manajemen yaitu untuk meningkatkan efisiensi, mengkristalkan sifat manajemen, mencapai tujuan sosial.
berikut adalah uraiannya

     Dari pengembangan ilmu manajemenyg di kemukakan oleh Taylor telah terungkap bahwa manajemen di perlukan untuk melakukan efisiensi kersa dan mengoptimalkan hasil. para ahli lain juga telah membuktikan bahwa jika perusahaan menerapkan prinsif dan teknik manajemen maka efisiensi manajerial pasti akan menjadi lebih baik, apalagi jika pata manajernya menggunakan garis pedoman yg di buat dalam tahan perencanaan untuk membantu memecahkan berbagai masalah. pada masa globalisasi ini perusahaan yg paling efisien cenderung dapat bertahan lebih lama dan dapat lebih kompetitif dibandingkan dengan perusahaan yg boros dan tidak memiliki perencanaan matang.
                  Seseorang yg kurang memahami atau hanya sebagian saja mengerti manajemen, sulit aginya untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik. oleh karena itu pemahaman tentang konsef, prinsif dan teknik manajemen harus tuntan dan komprehensif. pengkiristalan pemahaman akan membuat seseorang mudah melakukan analisis pekerjaan manajerial.
                  keberhasilan suatu perusahaan atau negara dalam mengkoordinasi semua usaha manusia sehingga segalanya dapat lebih efektif dan efisien, akan membuat perusahaan atau negara tersebut menjadi lebih makmur. kesejahteraan yg di sebabkan oleh kepandaian perusahaan atau negara tersebut memiliki tingkat kualitas manajerial yg tinggi..

4. Apa arti manajer dan peran manajer
 manajer adalah anggota organisasi yg mengawasi dan mengarahkan pekerjaan anggota lain.  manajer diartikan pula sebagai seorang anggota organisasi yg memadukan dan mengkoordinasikan pekerjaan orang lain. hal ini berarti bahwa manajer bertanggung jawab langsung atas sekelompok orang di sebuah divisi perusahaan atau dapat berarti menyelia atau mensupervisi satu orang saja.


5. Jenis-jenis manajer 
 a. manajer lini - pertama. tingkatan paling rendah dalam suatu organisasi yg memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga oprasional, disebut manajer lini/garis- pertama (first - line) atau first level). para manajer ini sering disebut manajer kantor, penyelia jasa, manajer departemen. sebagai contoh adalah penyelia teknik dalam suatu departemen riset.
b. manajer menengah. manajemen menengah dapat meliputi beberapa tingkatan dalam suatu organisasi. para manajer menengah membawahi dan mengarahkan kegiatan2 para manajer lainnya dan kadang-kadang juga karyawan oprasional. sebutan lain bagi manajer menengah adalah general manajer, manajer pabrik, mandor wilayah, divisi manajer sebagai contoh adalah manajer wilayah yg membawahi beberapa kepala divisi wilayah.
c. manajer puncak . klasifikasi manajer tertinggi ini terdiri dari sekelompok kecil eksekutif. manajemen puncak bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen organisasi dan bertanggung jawab menciftakan kondisi penting untuk melakukan perubahan. sebutan khas bagi manajer puncak adalah eksekutif (CEO) atau pimpinan oposisi (COO) , wakil presiden.

6. Fungsi-fungsi manajemen dalam tingkatan manajemen

ada dua fungsi utama manajemen yaitu manajemen admininstratif dan manajemen operatif.
manajemen admininstratif , lebih berurusan dengan penetapan tujuan dan kemudian perencanaan, penyusunan kepegawaian, dan pengawasan kegiatan-kegiatan yg terkondinasi untuk mencapai tujuan .
manajemen operatif  lebih mencakup kegiatan memotivasi, supervisi, dan komunikasi dengan para karyawan untuk mengarahkan mereka untuk mencapai hasil-hasil secara efektif.
seseorang dapat dikatakan sebagai manajer agresif progresif apabila ia memiliki pandangan jauh kedepan, memiliki ide dan gagasan luar biasa, serta mengutamakan teknologis. manajer jenis ini ketika berada dalam organisasi berusaha mendapatkan pertumbuhan dan perubahan organisasi. namun apabila organisasi anda sedang sakit maka organisasi anda tidak membutuhkan organisasi seperti ini. organisasi anda membutuhkan seorang manajer kondusif yg akan membawa organisasi ke arah kesetabilan moral.
manajer partisipatif bersifat selalu menghargai pendapat bawahan , lebih banyak mendengarkan dari pada berbicara, dan mencari solusi dari pengalaman bawahan karena ia menyadari bahwa bawahan lebih mengetahui masalah dari pada atasan. seorang manajer otoriter adalah manajer yg sering ikut campur dalam berbagai hal yg terjadi, sering memegang rahasia, dan lebih suka memberitau dari pada bertanya.

seorang manajer juga dapat di klasifikasikan sebagai manajer lima C, yaitu:
a. Cash manager sering berfokus pada biyaya dan anggaran hingga kepada tingkat finansial perusahaan. manajer seperti ini lebih senang menghindari resiko dan lebih mencari kestabilan ketimbang peluang. ia lebih baik memperbaiki teknologi dari pada menggantinya dengan yg baru. ia lebih berfikir kepada mencari keuntungan jangka pendek dan bukannya persaingan jangka panjang.
b. Crisis manajer adalah manajer yg mirif degan cash manajer dalam hal pencarian stabilitas , memandang masalah sebagai gangguan, bukan dilihatnya sebagai peluang untuk masa depan. manajer ini sering menyerang masalah tanpa mencari tahu terlebih dahulu akar permasalahannya.
c. Conflict manager adalah jenis manajer yg mengandalkan pengendalian dengan berbagai alat kontrolnya untuk menguasai keadaan, dan sering campur tangan dalam berbagai hal.
d. Cool manajer adalah termasuk manajer yg tidak percaya diri. artinya ia memberikan apapun kepada bawahannya ingin bawahannya seperti teman biasa, dan berusaha selalu ceria ketika bertemu bawahan. dengan cara seperti itu bawahan justru tidak memahami arah yg diberikan manajer jenis ini.
e. Change manajer memandang setiap perubahan sebagai  peluang untuk tumbuh maju dan setiap masalah dilihatnya sebagai peluang. manajer jenis ini selalu berusaha mencari inti permasalahan dan berusaha mengembangkan perubahan yg dibutuhkan agar permasalahan dapat teratasi.

 



1 komentar:

  1. Makasih sob materi manajemen'a
    Kunjungi balik ya blog saya di
    Artikel Ekonomi

    mkasih sob
    mohon kritik dan saran'a ya

    BalasHapus