pengertian, moral , budi pekerti , akhlak , etika dan hubungan diantara semuanya

moral
moral adalah ajaran tentang tindakan seseorang yg dalam hal sipat, perangai, kehendak pendapat, atau perbuatan yg secara layak dapat di katakan benar atau salah, baik atau buruk./ tindakan yg umum sesuai dengan dan diterima oleh lingkungan tertentu atau kesatuan sosial tertentu.

budi pekerti
perpaduan dari hasil akal dan rasa yg berwujud pada karsa dan tingkah laku manusia.

akhlak
ahlak adalah suatu keadaa yg tertanam dalam jiwa berupa keinginan kuat yg melahirkan perbuatan-perbuatan secara langsung dan berturut-turut tanpa memikirkan pemikiran lebih lanjut.
 
etika
secara istilah etika adalah ilmu yg membicarakan tentang tingkah laku manusia/ etika sebagaitingkah laku perbuatan manusia di pandang dari segi nilai baik dan buruk sejauh yg dapat di tentukan akal.

hubungan..
etika bersumber pada rasio sedangkn akhlak bersumber pada Al qur'an dan hadis sementara rasio adalah pendukung terhadap apa yg telah di kemukakan oleh al qur'an dan hadist. sementara moral dan susila atau budi pekerti pada umumnya berdasarkan pada ketentuan atau kebiasaan umum yg berlaku di masyarakat. selain itu, etika (ilmu akhlak) bersifat teoretis sementara moral, susila, akhlak lebih bersipat praktis, artinya moral itu berbicara soal mna yg baik dan mna yg buruk, susila berbicara mna yg tabu dan mna yg tidak tabu. akhlak berbicara soal baik buruk, benar salah, layak tidak layak. sementara etika lebih berbicara kenapa perbuatan itu di katakn baik atau kenapa perbuatan itu di katakn buruk. etika menyelidiki memikirkan dan mempertimbangkn tentang yg baik dan buruk, moral menyatakan ukuran yg baik tentang tindakan itu dalam kesatuaan sosial tertentu. akhlak bersumber pd wahyu mka  ia tidak bisa berubah, akhlak dlm islam bersipat tetap tidak bisa di ubah-ubah oleh pemikiran manusia. apa yg di katakan baik oleh al qur'an dan apa yg di katakan buruk oleh hadis mka sampai kpnpun akn tetap berlaku. meskipun demikian, karena ayat-ayat al Qur'an terbatas dan hadist juga terbatas pula sedangkan kehidupan manusia terus berubah  dan terus berkembang, maka tidak setiap apa yg di temukan dalam masyarakat secara otomatis langsung ada jawabannya di dalam al Qur'an atau hadist. 
meskipun akhlak dan islam bersumber kepada al Qur'an dan sunnah , sementara Etika , moral, dll bersumber pd akal atau budaya setempat, tetap saja bahwa semuanya mempunyai keterkaitan yg sangat erat.

0 komentar:

Posting Komentar