pengertian pengawasan dan mengapa pengawasan perlu dilakukan

1. Definisi pengawasan
  
Handoko (1996)
mendefinisikan pengawasan sebagai suatu upaya yg dilakukan oleh para manajer untuk menjaga agar kegiatan-kegiatan yg dilakukan oleh karyawan sesuai dengan rencana yg telah di tetapkan oleh organisasi atau perusahaan.

Robbins dan Coulter (2005)
pengawasan sebagai proses pemantauan aktivitas organisasi untuk memastikan apakah aktivitas sesuai dengn yg di rencanakan dan sebagai proses mengoreksi setiap penyimpangan yg muncul.

Daft (2006)
pengawasan sebagai suatu tindakan manajemen dalam memonitor aktivitas karyawan untuk menjamin bahwa organisasi atau perusahaan dapat mencapai tujuan dan membuat koreksi atau perbaikan yg diperlukan.

dari beberapa definisi diatas , pendapat Mockler (dalam Handoko 1999) dianggap yg paling dapat memperjelas undur2 esensial proses pengawasan. menurutnya pengawasan adalah suatu sistematis untuk menetapkan standar kinerja tertentu dengan tujuan merencanakan, mendesain, sistem umpan balik informasi untuk membandingkan kinerja yg sesungguhnya dengan standar yg telah ditentukan, untuk menentukan apakah terjadi penyimpangan dan mengukur apakah penyimpangan itu berarti (signafikan), dan melakukan perbaikan yg diperlukan untuk memastikan bahwa semua sumber daya perusahaan digunakan dengan cara yg paling efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

mengapa pengawasan perlu dilakukan ?
karena merupakan kaitan terakhir dalam fungsi manajemen. pengawasan merupakan satu2 nya cara manajer untuk mengetahui apakah sasaran organisasi tercapai atau tidak.

0 komentar:

Posting Komentar