Pengertian Ringkasan, Sinopsis, Abstrak dan Ikhtisar

Ringkasan

ringkasan merupakan ahli bahasa dari summary. istilah ini mengandung makna sebagai salah satu wujud/bentuk penyingkatan suatu informasi dengan hanya menyajikan informasi atau butir-butir pentingnya.

Gorys Keraf (1978:84) melukiskan ringkasan (summery) sebagai suatu cara yg efektif untuk menyajikan suatu karangan yg panjang dalam bentuk yang singkat.

Ikhtisar 

istilah ini merupakan alih bahasa dari bahasa inggris 'precis' Ahmadi (1990:88) menjelaskan bahwa ikhtisar, sebenearnya merupakan sinonim dari ringkasan. disamping istilah ikhtisar, istilah-istilah lain yang dianggap bersinonim dengan ringkasan adalah sinopsis, abstrak, dan parafrase.

Sinopsis

istilah ini digunakan untuk lingkungan sastra, khususnya karya prosa (cerpen dan novel). dijelaskan Ahmadi (1990:89) "sinopsis biasanya digunakan untuk meringkas cerita atau lakon (dan hasil ringkasannya itu) sehingga tetap memperlihatkan langkah-langkah atau plot cerita itu".

Abstrak

istilah ini biasa digunakan dalam konteks tulisan ilmiah, seperti tulisan-tulisan dalam jurnal ilmiah, skripsi, disertasi, dan lain-lain. abstrak merupakan intisari dari sebuah tulisan dalam bentuk mini. Parera (1982) mengartikan intisari atau abstrak ini sebuah bentuk rangkuman yg sangat ketat dan dipergunakan dalam bidang ilmu pengetahuan dan industri. abstrak lebih banyak dipergunakan secara profesional sebagai satu panduan untuk mengetahui informasi-informasi baru dalam ilmu bidang pengetahuan tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar