Metode Riset Pemasaran (pengantar bisnis)
Suksesnya sebuah penelitian pemasaran sering tergantung pada kelayakan metode riset yg digunakan. empat metode dasar riset adalah, observasi , survey , focus group ,& experiments.
a. Observasi
merupakan bentuk tertua dari riset pemasaran. Observasi adalah mengamati dan mencatat perilaku
konsumen. misalnya mengobservasi prilaku belanja pelanggan di supermarket.
b. Survey (survei)
yaitu teknik riset pemasaran dengan menggunakan kuesioner (daftarpertanyaan atau pernyataan)
disebarkan pada setiap individu yg menjadi responden (pengisi kuesioner) atau digunakan sebagai bahan
untuk melakukan wawancara.
c. focus group (kelompok fokus)
yaitu teknik riset pemasaran berupa sekelompok orang dikimpulkan, diberi permasalahan, dan diminta
untuk mendiskusikan secara mendalam.
e. Experimentation (eksperimen)
yaitu teknik riset pemasaran yg mencoba untuk membandingkan respon orang yg sama atau orang yg
serupa (memiliki karakter yg mirip) dalam kondisi yg dibuat berbeda.
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
0 komentar:
Posting Komentar