Metode Riset Pemasaran (pengantar bisnis)


Suksesnya sebuah penelitian pemasaran sering tergantung pada kelayakan metode riset yg digunakan. empat metode dasar riset adalah, observasi , survey , focus group ,& experiments.

a. Observasi 
   merupakan bentuk tertua dari riset pemasaran. Observasi adalah mengamati dan mencatat perilaku
   konsumen. misalnya mengobservasi prilaku belanja pelanggan di supermarket.

b. Survey (survei) 
   yaitu teknik riset pemasaran dengan menggunakan kuesioner (daftarpertanyaan atau pernyataan)
   disebarkan pada setiap individu yg menjadi responden (pengisi kuesioner) atau digunakan sebagai bahan
   untuk melakukan wawancara.

c. focus group (kelompok fokus)
   yaitu teknik riset pemasaran berupa sekelompok orang dikimpulkan, diberi permasalahan, dan diminta
   untuk mendiskusikan secara mendalam.

e. Experimentation (eksperimen)
   yaitu teknik riset pemasaran yg mencoba untuk membandingkan respon orang yg sama atau orang yg
   serupa (memiliki karakter yg mirip) dalam kondisi yg dibuat berbeda.

0 komentar:

Posting Komentar