7 pemahaman dalam bisnis

7 PEMAHAMAN DASAR DALAM BISNIS ( Serial Mindset )

#1:
BISNIS = INVESTASI
Bisnis bukanlah lapangan taruhan (gambling), sebab kita adalah seorang entrepreneur dan bukan seorang penjudi. Maka mari kita perlakukan bisnis kita sebagai “sawah ladang”, dan janganlah perlakukan bisnis kita dengan bersikap seperti makelar yang mengejar keuntungan besar dalam waktu singkat dengan cara yang mudah.

#2:
BISNIS = SIAP RUGI
Bisnis selalu membuka dua pintu peluang sekaligus: sukses atau gagal, untung atau rugi. Sebagai seorang entrepreneur yang cerdas emosional maka selayaknya kita pun bersiap untuk merugi sebagaimana kita selalu siap meraih keuntungan besar. Catatan: Tidak ada satupun bisnis di dunia ini yang terus menerus untung, juga tidak ada yang terus menerus rugi, semuanya siklus alamiah yang terjadi dalam perjalanan bisnis.

#3:
BISNIS = PROSES
Diperlukan kesabaran dalam membangun sebuah pondasi bisnis yang kokoh, diperlukan pula pemahaman bahwa faktor waktu berperan penting dalam membentuk karakter entrepreneurship kita. Penting untuk selalu diingat bahwa seorang entrepreneur bukanlah seorang tukang sulap. Keahlian entrepreneurship kita (biasanya) akan bertumbuh seiring berjalannya waktu, dan demikian pula semakin bertumbuh keahlian kita, semakin bertumbuh bisnis kita menghasilkan keuntungan yang makin besar.

#4:
BISNIS = FOKUS
Tidak ada satupun entrepreneur sukses di dunia ini yang pikirannya bercabang di lebih dari satu bisnis. Fokus pada satu titik, itulah kunci utama membangun bisnis besar. Bisnis kita adalah representasi karakter dan keahlian kita, bagi sebagian dari kita ada yang memilih untuk tidak terlibat langsung dalam lingkaran inti bisnis, artinya bisnis kita ini tidak akan pernah tumbuh besar, minimal butuh waktu yang lama untuk bisa bertumbuh, atau bisa bertahan pun sudah sangat bersyukur.

#5:
BISNIS = VISI
Bisnis yang besar berawal dari visi yang besar. Keseluruhan wujud aktifitas bisnis kita adalah cerminan langsung dari visi milik kita. Para pakar menyarankan untuk selalu menguji dan mempertanyakan kembali tentang visi kita ini, apakah cukup kuat dan mendunia untuk menjadi bisnis yang besar? Jika tidak, segera lakukan re-visi, nyatakan ulang visi kita. Coba pikirkan bisnis ini 10, 20 bahkan 30 tahun ke depan akan menjadi apa? Akan berada dimana? Akan bersama dengan siapa?

#6:
BISNIS = PERCAYA DIRI
Ini adalah bisnis kita sendiri, otomatis risiko 100% di tangan kita. Lima point diatas pada hakikatnya berbicara tentang diri kita, sebagai pribadi yang unik, spesial dan punya potensi sukses. Tentu kita tidak dapat begitu saja mempercayai orang lain untuk menjadikan bisnis milik kita bertumbuh membesar, bagaimanapun juga kita harus percaya kepada diri kita sendiri, bahwa kunci transformasi (perubahan) besar ini mutlak ada di tangan kita, bukan di tangan orang lain.

#7:
BISNIS = MEMBANGUN RELASI
Dunia terus bergerak, teknologi datang silih berganti secara revolusioner, bisnis secara global mengalami dinamika yang inovatif. Bisnis yang sanggup bertahan untuk jangka waktu lama adalah bisnis yang menekankan pada aspek membangun jaringan (network building). Sangat disarankan untuk membangun relasi bisnis (business relationship) kita dan temukanlah orang-orang hebat disekitar Anda untuk bersama membantu kita meraih sukses lebih cepat dan lebih baik. Relationship pertama yang wajib kita bangun adalah dengan Mentor/Coach bisnis yang memiliki bisnis seperti bisnis kita.

0 komentar:

Posting Komentar